Gak Punya Modal, Tapi Bisa Koq Tetap Berbisnis


Tidak punya modal bukan masalah, masih bisa berbisnis dengan Dropshipping. Penasaran kan? Nah, Dropshipping merupakan metode berdagang dimana badan usaha atau perorangan (retailer atau pengecer) tidak melakukan penyetokan. Dalam hal ini, barang didapat dari jalinan kerjasama dengan perusahaan lain yang memiliki barang yang sesungguhnya (supplier atau dropshipper). Pelanggan yang membeli dari pengecer tidak perlu tahu keberadaan dan siapa supplier sesungguhnya.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dibawah ini :

https://www.ukandoo.com/wp-content/uploads/2016/08/dropshipping-diagram.gif


Seperti tertera pada gambar diatas, modus dropshipping melibatkan tiga pelaku transaksi, antara lain :


  • Pelaku pertama adalah customer atau pelanggan
  • Kedua adalah toko online anda
  • Ketiga adalah perusahaan rekanan (perusahaan yang menyediakan barang).

Alur transaksinya adalah sebagai berikut:

1. Pelanggan; membeli suatu barang dari toko online anda. Namun, toko online kamu tidak perlu menyediakan stoknya karena kamu telah bekerjasama dengan suatu perusahaan pernyedia barang yang hendak dijual.

2. Kemudian anda membeli barang yang diinginkan oleh pelanggan tersebut ke perusahaan rekanan.

3. Perusahaan rekanan akan mengirim barang tersebut ke pelanggan yang membeli barang dari toko online kamu, sedangkan barang yang dikirim diatasnamakan toko online kamu.



Perusahaan yang menjadi rekan kamu dalam berjualan dengan metode dropshipping ini disebut dengan dropshipper, sedangkan kamu yang menjalani bisnis toko online disebut dengan dropship.

Metode dropshipping ini akan menempatkan posisi toko online kamu sebagai pihak ke-3, dan transaksi dilakukan secara langsung oleh pelanggan dengan toko online miliki kamu. Jangan khawatir, metode dropshipping ini adalah sesuatu yang legal dilakukan di Indonesia bahkan di seluruh dunia sekalipun.



Ada seribu satu manfaat dengan strategi berjualan Online ala Dropshipping.

Berjualan nyaris tanpa modal : Dropshipping diimplementasikan pada model toko online, dan semua orang memiliki akses internet dalam perangkat komunikasi dan komputer mereka, kamu pun tentu demikian. Akses internet lah yang menjadi modal bisnis online, selebihnya tidak ada lagi modal tambahan yang harus dikeluarkan.
Terlebih lagi, perkembangan bisnis layanan internet membuat akses internet semakin mudah didapat dan terjangkau, ada banyak penyedia layanan internet (Internet Service Provider) yang dapat anda pilih.

Daripada Anda hanya menghabisakan waktu untuk sekedar berosialisasi dan membangun jejaring pertemanan, bukankah akan lebih bermanfaat jika kamu membangun kerajaan bisnis online seiring anda bertambah teman?

Dropshipping bisa dilakukan dimanapun. Asal sudah terkoneksi ke internet, maka jualan online dengan dropshipping sudah bisa dilakukan. Komputer, desktop, laptop bahkan mobile phone bisa dijadikan sarana bertransaksi.
Bahkan dropshipping menawarkan modus berjuaalan online lebih mudah dari pada jualan online pada umumnya, karena beban kerja sebagian dilimpahkan ke perusahaan rekanan atau dropshipper.

Sumber tanpa batas dengan biaya NOL. Tidak ada modal yang harus keluar untuk memberdayakan bisnis, karena transaksi berjalan setelah kamu mendapatkan keuntungan terlebih dahulu dari pembeli.
Etalase barang dagangan tidak terbatas. Barang apapun yang didistribusikan oleh dropshipper dapat dijual dan memperkaya variasi barang pada toko online.
Pilihan ragam media : jejaring sosial, free blog, situs resmi, termasuk pula website yang menawarkan layanan etalase online gratis seperti : jualanyok.com, www.bejubel.com, www.berniaga.com, www.bukalapak.com, tokopedia.com dan masih banyak lagi. Bahan jika kelebihan dana dan ingin membangun bisnis online lebih serius membangun toko online resmi merupakan pilihan tepat.
Bisnis multibentuk: Metode dropshipping dapat dilakukan secara online maupun offline, misalnya: memiliki toko di suatu daerah pusat berbelanja tertentu, sedangkan penyediaan barang menggunakan metode dropshipping ini.
Bisnis dengan flesibilitas tinggi. Kamu bisa saja membeli kapan saja dan sewaktu-waktu kamu bisa berhenti berjualan kapan saja tanpa resiko.
Praktis. Banyak hal yang membuat bisnis ini efisien, misalkan: Kamu dibebaskan dari proses pengepakan yang memakan waktu dan kadang rumit, termasuk pula anda tidak harus repot untuk mengirimnya kepada pelanggan. Dropshipper-lah yang akan melakukannya, termasuk pula pengepakan barang yang dikemas dengan merk dagang toko online kamu.

https://don16obqbay2c.cloudfront.net/wp-content/uploads/Dropshipping-1478254788.png


Banyak keuntungan lain dengen menerapkan metode dropshipping, konsepnya adalah jualan dengan barang milik orang lain dan bebas capek. Tertarik?

2 Responses to "Gak Punya Modal, Tapi Bisa Koq Tetap Berbisnis"

  1. pungen biar bisa jadi dropshipping, tapi kok agak takut ya

    ReplyDelete
  2. Solusi yang sangat manjur buat para ibu rumah tangga yang ingin membantu perekonomian keluarga.. Tambah di sayang deh sama suami
    Tidak hanya ibu rumah tangga, single juga cocok banget.
    Terimkasih mas informasi yang sangat bermanfaat ini

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel