Ini Format Baru AFF Suzuki Cup 2018

www.aseanfootball.org
 kali ini saya akan membahas mengenai format baru Piala AFF. AFF Suzuki Cup adalah kompetisi sepak bola kawasan Asia Tenggara yang telah bergulir sejak tahun 1996 dibawah naungan AFF (Asean Football Federation). Piala AFF sudah di gelar sebanyak 11 kali, tahun 2018 nanti akan menjadi gelaran ke-12.

Pada awalnya kejuaraan ini bernama Piala Tiger dikarenakan sponsor utamanya adalah perusahaan Bir asal singapura "Tiger Bir", jadi bukan silet "Tiger" ya!. Kemudian selepas pergantian sponsor utama yang diambil alih oleh perusahaan otomotif, kejuaraan ini berganti nama menjadi AFF Suzuki Cup pada tahun 2008 silam.

Piala AFF biasanya di gelar didua Negara sebagai tuan rumah pada babak penyisihan dari masing-masing grup yang terdiri dari empat Negara peserta. Seperti pada tahun 2016 kemarin, tuan rumahnya ialah Fillipina dan Myanmar. Namun mulai tahun depan (2018), AFF telah menetapkan aturan baru untuk ajang dua tahunan ini.

Dilansir dari www.espnfc.com (11/03/17), AFF telah menetapkan ajang dua tahunan ini akan diikuti oleh 10 Negara dari semula hanya 8 Negara saja. Dimana 9 Negara dengan peringkat terbaik FIFA untuk kawasan ASEAN (Asia Tenggara) otomatis lolos putaran final atau masuk fase grup. Sedangkan peringkat 10 dan 11 akan bertanding untuk memperebutkan satu tiket tersisa.

Kemudian, dihapuskannya sistem tuan rumah dalam gelaran ini. Jadi dari masing-masing grup yang terdiri dari 5 tim, setiap tim otomatis akan bertanding sebanyak 4 kali dimana pertandingan setiap tim nantinya akan ada dua pertandingan "Home" serta dua pertandingan "Away". Untuk menentukan pertandingan Home dan Away, akan diberlakukan sistem undian. Sedangkan untuk semi final dan final akan tetap di adakan home dan away.

Untuk Australia yang sudah bergabung dengan AFF sejak 2013, mereka hanya mengirimkan perwakilan dalam gelaran AFF U-15 saja. Mereka belum tertarik untuk mengikuti ajang ini dikelas Timnas Senior. Kita tunggu saja apakah Australia akan berminat untuk ikut piala AFF 2020, mengingat Selandia Baru yang tertarik bergabung dengan AFF namun belum mendapatkan persetujuan dari 11 negara Asia Tenggara.

0 Response to "Ini Format Baru AFF Suzuki Cup 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel