Tips Membangun Smart City dan Pemanfaatan Teknologi Informasi


Smart City adalah sebuah konsep kota cerdas yang dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya yang sudah ada dengan efektif, effisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau lembaga dalam melakukan kegiatannya atau pun mengantisipasi kejadian yang tek terduga sebelumnya.

Berikut ini ada beberapa konsep smart city antara lain :

1. Sebuah  kota  berkinerja  baik  dengan  berpandangan  ke  dalam  ekonomi, penduduk, pemerintahan, mobilitas, lingkungan hidup.

2. Sebuah  kota  yang  mengontrol  dan  mengintegrasi  semua  infrastruktur termasuk jalan, jembatan, terowongan, rel, kereta bawah tanah, bandara, pelabuhan,  komunikasi,  air,  listrik,  dan  pengelolaan  gedung. Dengan begitu  dapat dengan cepat mengoptimalkan  sumber  daya  yang  dimilikinya  serta merencanakan  pencegahannya. Kegiatan  pemeliharaan  dan  keamanan dipercayakan kepada penduduknya.

3. Smart  City  dapat  menghubungkan  infrastuktur  fisik,  infrastruktur  IT, infrastruktur  social,  dan  bisnis  infrastruktur yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan kota.

4. Smart City membuat kota lebih efektif, efisien dan layak tinggal.
Pemakaian smart computing untuk membuat smart city dan fasilitasnya  meliputi  pendidikan,  kesehatan,  keselamatan  umum,  transportasi  yang  lebih cerdas, saling berhubungan dan efisien.

TUJUAN PENERAPAN SMART CITY


Tujuan utama dari diadakannya smart city antara lain untuk membentuk suatu kota yang aman dan nyaman bagi warga serta untuk memperkuat daya saing kota dalam hal perekonomian. Sehingga dapat dijelaskan bahwa tujuan pelaksanaan smart city dapat dibagi menjadi 3 agenda utama, yaitu untuk menunjang kota di dalam dimensi sosial (keamanan), ekonomi (daya saing) dan lingkungan (kenyamanan) Atau lebih umum. Di kutip dari laman United Nation, bisa dikatakan bahwa tujuan smart city adalah untuk membentuk kota yang Sustainable (ekonomi, sosial dan lingkungan).

FAKTOR – FACTOR YANG MEMPENGARUHI TERWUJUDNYA SMART CITY DI INDONESIA

1. Teknologi Informasi (IT)
Teknologi merupakan aspek yang paling penting untuk membangun smart city. Menurut wikipedia, teknologi adalah alat yang diperlukan untuk membatu memperingan pekerjaan manusia. Teknologi merupakan solusi utama dari smart city, namun untuk membangun smart city tidak semata mata hanya diperlukan teknologi tetapi juga manusia sebagai produsen dan konsumen. Generasi manusia yang baik adalah generasi yang dapat memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin sehingga lebih banyak dampak positifnya bagi diri sendiri dan masyarakat lain daripada dampak negatif yang merugikan.

2. Gaya hidup (Lifestyle)

Gaya hidup (Lifestyle) yang baik adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Dengan teknologi informasi kita bisa memanfaatkan internet (facebook contohnya) dan aplikasi/software untuk menunjang gaya hidup kita tanpa mengurangi cara kita bersosial (tidak individualis) di dunia nyata. Lifestyle tersebutlah yang disebut juga dengan daily activity yaitu aktivitas atau kebiasaan sehari hari yang dilakukan berulang variatif secara rutin. Pola hidup tersebut haruslah dapat membangun smart city. Caranya? Ya dengan fasilitas IT yang sudah ada sebelumnya seperti Sosmed, fasilitas pesan chatting gratis, blog, dan lain sebagainya dengan tujuan utama membagikan informasi baru, berita, atau ilmu yang sudah ada agar dapat mencerdaskan kehidupan bangsa.

3. Rakyat (People)

SDM (Sumber Daya Manusia) sangatlah memiliki peran penting untuk membangun smart city yaitu generasi pemuda yang terpelajar, terdidik, dan terlatih yang diharapkan bisa memanfaatkan ataupun menciptakan teknologi baru yang berguna untuk Rakyat lain. Bukan hanya cerdas ataupun pandai yang diharapkan disini, tetapi juga generasi yang sudah terlatih untuk menghadapi era teknologi sebenarnya. Character building juga diperlukan guna menjadikan generasi yang sehat akal dan berakhlakul karimah sehingga aksi korupsi juga berkurang. Proses untuk menjadikan kaum terpelajar inilah yang juga memerlukan teknologi untuk pendamping proses belajar mengajar. Dalam hal ini Gamatechno juga telah menyediakan solusi untuk kaum terpelajar yang dikhususkan untuk jenjang perguruan tinggi.

4. Pekerjaan (Job)

Pada dasarnya pekerjaan (Jobs) merupakan penting bagi manusia untuk menghasilkan uang. Aspek pekerjaan ini, berkaitan dengan aspek kedua yaitu People (Rakyat). Ya, generasi yang terpelajar, terdidik, dan terlatih dapat menempati posisi pekerjaan yang sepadan dengan kemampuan dan keterampilan mereka. Adapun yang berkemampuan IT adalah sebagai produser menciptakan software, aplikasi, atau sebuah teknologi baru yang berguna untuk membangun smart city. Adapun yang ada di bidang lain selain teknologi cukup sebagai pemakai dan memanfaatkan teknologi itu dengan sebaik baiknya sehingga dapat memunculkan manfaat nyata bagi diri sendiri atau orang lain melalui pekerjaannya sesuai bidangnya tersebut. Smart City Indonesia


KOTA-KOTA SMART CITY DI INDONESIA

1. JAKARTA
2. BEKASI

3. BANDUNG
4. YOGYAKARTA
5. BALIKPAPAN
6. DENPASAR (BALI)
7. MAKASAR
8. SURABAYA

39 Responses to "Tips Membangun Smart City dan Pemanfaatan Teknologi Informasi"

  1. Waaaah makasih gan Info Nya sangat Bermanfaat ^_^

    ReplyDelete
  2. Semoga kota kota kecil yg belum tergolong sebagai smart city segera mendapatkan award nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... dan smoga bukan hanya konsep tapi penerapan gan :)

      Delete
  3. wah bisa diterapkan untuk kota2 di indonesia nih, gaya hidup jg harus produktif jngan konsumtif doang

    ReplyDelete
  4. Informasinya sangat bermanfaat untuk masyarakat apalagi buat pemerintah nih , thanks gan

    ReplyDelete
  5. keren gan, kalau kita bisa mengelola kota dengan efektif pasti akan menghasilkan kota yang indah dan nyaman, mantap :D

    ReplyDelete
  6. tentunya smart city bisa dibangun dengan kemauan pemda nya aja, klo gak ada pemda yg mau bangun ya ga kan terbangun tuh smart city nya

    ReplyDelete
  7. sip dah ane nambah wawasan tentang smart city (y)

    ReplyDelete
  8. mantap gan,, salut sama blog nih

    ReplyDelete
  9. Wah bisa menambah ilmu nih, makasih gan

    ReplyDelete
  10. ilmunya luar biasa gan, mantap banget....

    ReplyDelete
  11. Semoga saja banyak kota-kota Indonesia yang masuk kedalam smart city.

    ReplyDelete
  12. yah bali gak masuk :( padahal bali tuh kota kelahiran ane :'(

    ReplyDelete
  13. Karena kemajuan teknologi akan membawa perubahan. Artikel nya lengkap
    Tapi Memang Bali belum masuk , semoga bisa masuk

    ReplyDelete
  14. mantep tipsnya, makasi ya dah di share..

    ReplyDelete
  15. Di Indonesia sangat potensial jdi Negera smart city menurut saya :D teknologi di Indonesia udah mulai maju soalnya :D

    ReplyDelete
  16. Daerah saya masih desa :D

    ReplyDelete
  17. Kira kira Aceh bisa gak ya jadi SmartCity..? :(

    ReplyDelete
  18. terimaksih infonya ini bisa di jadikan untuk inspirasi ini

    ReplyDelete
  19. wah nice info nih, konsep smart city yang menarik

    ReplyDelete
  20. Semoga saja konsep smart city segera diberdayakan,, bukan aja di kota kota besar, tapi sampai ke pelosok negeri..
    Nice post gan..

    ReplyDelete
  21. andai masyarakat & pemerintah indonesia bisa kerjasama, pasti indonesia juga bisa :)

    ReplyDelete
  22. Pantes buat pejabat besar nih, mereka harus baca :D

    ReplyDelete
  23. is very fond of this article because it gives a lot of inspiration

    ReplyDelete

  24. want to read this interesting article for this month immediately click my article and get a great experience after reading my article on:
    judi poker

    ReplyDelete

  25. amazing content of this article inspiring many thanks raja poker

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel