Cara Men-Disable Autorun Pada USB

Apakah itu autorun.inf?
Autorun adalah sistem file yang dimiliki oleh windows untuk menjalankan sebuah program secara otomatis ketika removable media seperti CD-ROM, Flashdisk, atau USB lainnya.

Banyak orang-orang yang menyatakan bahwa autorun.inf itu adalah virus. Tetapi sebenarnya autorun.inf adalah sebuah file yang dimiliki oleh windows untuk menjalankan sistem Autorun yang saya jelaskan sebelumnya diatas yang berfungsi untuk menjalankan program secara otomatis. Jadi jangan kalian anggap semua autorun.inf itu adalah sebuah Virus yang dapat merusak kinerja komputer kalian.

autorun.inf bisa dikatakan pintu masuk sebuah virus untuk menginfeksi komputer kalian. Jika kalian sering pergi ke rental komputer, warnet, atau sejenisnya yang didalamnya terdapat virus komputer seperti worm, trojan, sality dan sejenisnya dan kalianpun memasukan removable media kalian seperti flashdisk ke salahsatu komputer rental atau warnet, removable media kalian pasti akan terinfeksi virus yang akan berjalan ketika removable itu dimasukan dikomputer lainnya secara otomatis melalui autorun.inf.

Bagaimana cara mencegahnya?

Banyak cara yang dapat menghentikan aktifitas virus masuk ke removable media kalian salahsatunya melalui gpedit.msc. Kenapa menggunakan gpedit.msc? Karena gpedit.msc adalah program bawaan windows, kalian tidak perlu mendownload aplikasi atau sejenisnya diinternet.

Berikut langkah-langkah men-disable Autorun Pada USB :

1. Klik tombol Start - Run lalu ketikan gpedit.msc lalu OK atau Enter
2. Akan muncul Grup Policy, pada User Configuration, Pilih Administrative Template - System.
3. Klik 2x Pada Turn Off Autoplay.

4. Setelah itu, pada Setting pilih option Enabled dan pada Turn Off AutoPlay on : pilih All Drives lalu OK.

5. Selesai.

0 Response to "Cara Men-Disable Autorun Pada USB"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel